Blogging


Definisi blog pada awalnya adalah sebuah tempat di internet (web) berupa catatan harian dari seseorang (log) yang disusun dengan pendekatan waktu atau berupa linimasa (timeline). Blog dipublikasikan melalui internet sehingga orang lain dapat dengan mudah membacanya tanpa harus meminjam catatan secara fisik. Blog menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja. Siapa pun dapat membuat blog sebagai sarana untuk berekspresi di dunia maya.  

Blog dapat diisi dengan berbagai macam konten. Saat awal kemunculan blog, kebanyakan konten yang dimasukkan ke dalam blog adalah cerita dari kehidupan penulisnya. Blog memungkinkan seseorang untuk berbagi cerita dalam bentuk tulisan kepada siapa pun di dunia internet. Terdapat dua layanan penyedia blog yang cukup popular di Indonesia, yaitu Blogger dan Wordpress .Kedua layanan ini menyediakan layanan pembuatan blog secara gratis. Selain menyediakan layanan gratis, kedua penyedia blog ini juga menyediakan layanan professional hosting blog yang memungkinkan nama domain menjadi domain pribadi milik setiap pemilik blog.

Blogger merupakan sebuah layanan blog milik Google.Seperti halnya layanan Google yang lain, kalian dapat menggunakan alamat gmail kalian untuk membuat blog disadur dari https://support.google.com/blogger/answer/1623800?hl=id  

  1. Login ke Blogger 
  2. Di sebelah kiri, klik panah bawah
  3. Klik blog baru. 
  4. Masukkan nama blog. 
  5. Klik berikutnya. 
  6. Pilih URL atau alamat blog. 
  7. Klik Simpan.Secara default, tampilan konten blog adalah linimasa. 

Halaman akan disusun berdasarkan konten yang paling terbaru. Berdasarkan pengalaman kalian dalam membuat berbagai macam konten, sekarang saatnya mulai mengklasifikasikan konten yang kalian buat di blog menjadi kanal-kanal informasi yang lebih tersusun. Penyusunan kategori di blog akan membuat pembaca blog kalian lebih mudah menemukan informasi yang diinginkan. 

Misalkan kalian memiliki hobi memasak, akan sangat memudahkan apabila setiap resep masakan yang kalian tulis di blog, diberi tag atau kategori untuk memudahkan pembaca mencari informasi di blog kalian. Ambil contoh pada blog masakan yang ada di awal. Penulis blog tersebut membuat kategori baru dari setiap resep masakan yang ditulis di blog. Kategorinya disusun berdasarkan bahan utama resep tersebut yaitu ayam, daging sapi, ikan, telur dan sebagainya 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Blogging"

Post a Comment