Wifi / Tethering


Tethering atau Phone-as-modem (PAM) adalah berbagi koneksi internet perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan komputer/perangkat seluler lain. Tethering akan membuat perangkat seluler kita berperan sebagai modem (modulator demodulator). Modem adalah alat yangmampu menjadi media transimisi atau saluran untuk dapat berkomunikasidengan perangkat lain, dalam hal ini modem akan menjadi media transmisi sehingga perangkat lain dapat terhubung dengan internet.

Koneksi perangkat seluler dengan tethering dapat dilakukan dengan WirelessLAN (Wi-Fi), Bluetooth, atau dengankoneksi fisik menggunakan kabel, misal nya melalui kabel Universal Serial Bus(USB). Setelah terkoneksi dengan tethering,ponsel yang bertindak sebagai router dataterkoneksi dengan beberapa komputer/ponsel/tablet. Perangkat yang terkoneksi ponsel/tablet melalui tethering bisa terhubung dengan internet.Tethering membutuhkan ponsel yang memiliki chip Wi-Fi yang biasanya telah tertanam pada ponsel.

Tethering membutuhkan ponsel yang memiliki chip Wi-Fi yang biasanya telah tertanam pada ponsel. menggambarkan koneksi dengan tethering di mana smartphone (dengan logo Wi-Fi) berperan sebagai modem yang tampak seperti Access Point pada koneksi Wi-Fi pada subbab sebelumnya. Koneksi antara perangkat lain ke smartphone yang digunakan sebagai tethering yang digambarkan dengan tanda petir ( ) bisa menggunakan Wi-Fi, bluetooth, atau kabel.

Aktivitas ini akan membuat koneksi tethering dari laptop/komputer dengan menggunakan ponsel sebagai modem.Ponsel dengan koneksi internet Laptop yang telah. Terinstal sistem operasi dan peramban Laptop dengan koneksi Wireless LAN dan koneksi tethering di buat dengan langkah langkah berikut:
  1. Tampilan awal ponsel. 
  2. Klik Mobile Hotspot.
  3. Atur sehingga mobile hotspot On.
  4. Klik dan tentukan network name (nama akses poin), contoh: JKI, dan klik Save.
  5. Klik dan tentukan password, contoh: Jki1234#, dan klik Save.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wifi / Tethering"

Post a Comment